Fakta dan Data Unik Seputar ITB

ITB merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri ternama di Indonesia. Banyak sekali hal-hal unik yang dapat ditemukan di ITB. Berikut adalah sebagian fakta-fakta unik tentang ITB.

ITB

1. Persebaran Alumni (LinkedIn)

Berikut persebaran Alumni ITB di dunia, mulai dari persebaran perusahaan tempat kerjanya, kota tempat tinggalnya, dan bidang yang digeluti.

Data diambil dari LinkedIn.

Fakta Unik:

  • peringkat 2, 3, 4, 7, 8, 11, 12, dan 13 tempat alumni ITB bekerja, kesemuanya adalah perusahaan-perusahaan yang bergerak di oil and gas atau migas. Sedangkan peringkat pertama didominasi oleh pengguna LinkedIn yang masih berstatus mahasiswa di ITB.
  • Peringkat 5 yaitu sebanyak 284 orang merupakan peraih Beasiswa LPDP Kementerian Keuangan RI. Mereka melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di luar negeri.
  • Mayoritas bekerja di Jakarta Raya untuk dalam negeri serta USA dan Singapura untuk luar negeri.
  • Paling banyak bergelut di bidang Engineering (Keinsinyuran/Keteknikan/Rekayasa) kemudian Penelitian (Research).

Untuk lebih lengkapnya, dapat dilihat di LinkedIn. Tinggal sign up di www.linkedin.com kemudian search dengan keywords: “Institut Teknologi Bandung” pilih kemudian klik : “students & alumni”.

LinkedIn adalah sebuah Media Sosial layaknya Facebook yang memfokuskan diri untuk pengembangan karir bagi para usernya.

2. Gaji dan Bonus Alumni (Tracer Study Report)

Berikut adalah gaji dan bonus rata-rata alumni ITB perbulan dan perprodi (perjurusan) untuk angkatan 2007 (angkatan saya).

Gaji:

Gaji Rata-rata Perbulan PerJurusan

Gaji Rata-rata Perbulan PerJurusan

Bonus:

Bonus Setahun Rata-rata perJurusan

Bonus Setahun Rata-rata perJurusan

Fakta Unik:

  • Rata-rata gaji tertinggi adalah alumni jurusan Teknik Perminyakan ITB dengan nilai Rp. 17 juta-an.
  • Rata-rata gaji terendah adalah alumni jurusan Seni Rupa dengan nilai Rp. 3,8 juta.
  • Rata-rata bonus setahun tertinggi adalah jurusan Teknik Tenaga Listrik (jurusan pecahan dari Teknik Elektro) dengan nilai Rp. 62 juta-an.
  • Rata-rata bonus setahun terendah adalah jurusan Seni Rupa dengan nilai Rp. 4 juta-an.

Sumber: https://karir.itb.ac.id/tracerstudy/id/report/index

Kemudian klik “Tracer Study ITB 2014”. (Report tahun 2014 adalah untuk angkatan 2007). Kemudian klik ”Download (.pdf)” untuk view atau download laporan ini. Untuk Gaji ada di halaman 91, sedangkan bonus ada di halaman 94.

Tracer Study adalah Laporan Tahunan berisi hasil Evaluasi yang dilakukan untuk mengetahui masa transisi dari dunia kampus menuju dunia kerja dan untuk mendapatkan masukan bagi perbaikan sistem pendidikan di perguruan tinggi. Hasil dari survey ini akan menjadi data yang sangat berharga bagi perguruan tinggi yang akan diperlukan bagi berbagai kebutuhan pengembangan dan kemajuan kampus. Data mentah Tracer Study bersumber dari hasil kuisioner yang diisi para alumni secara online.

3. Salam Ganesha

Mahasiswa ITB memiliki salam khas yang disebut sebagai Salam Ganesha. Salam ini biasa dilakukan ketika berkumpul dalam berbagai event sebagai penyemangat seperti acara-acara KM ITB (semacam BEM), acara-acara jurusan, penerimaan mahasiswa baru, OSKM, Masa Orientasi, wisuda, saat mendapatkan kemenangan dalam berbagai kompetisi di dalam dan luar negeri serta berbagai acara lainnya. Bunyi dari salam ini adalah:

Penyeru akan berucap: “Untuk Tuhan, Bangsa, dan Almamater. Salam Ganesha mulai”

Sambil mengangkat tangan miring ke atas, kemudian semua berseru: “Salam Ganesha. Bakti kami, untukMu, Tuhan, Bangsa, dan Almamater. Merdeka!!!”

Salam Ganesha

Salam Ganesha

Foto diambil dari: http://hereismy.deviantart.com/art/Salam-Ganesha-163698821

Berikut video contoh Salam Ganesha:

4. Penjurusan

Penerimaan mahasiswa di ITB berbeda dengan universitas/institut lainnya di Indonesia. Mahasiswa baru diterima di ITB pada awalnnya belum memiliki jurusan (belum masuk jurusan). Mereka diterima di Fakultas/Sekolah terlebih dahulu selama semester 1 dan 2 (TPB). Kemudian berdasarkan minat (dengan mengisi kuisioner 3x) dan IPK selama 2 semester tersebut, mahasiswa-mahasiswa tersebut dijuruskan. Apabila peminat jurusan tersebut melebihi kursi/kuota daya tampung jurusan yang dituju maka yang akan diterima di jurusan tersebut akan diprioritaskan dari IPK tertinggi. Tentunya metode ini memiliki kelebihan dan kekurangan dibanding metode penerimaan mahasiswa baru pada umumnya. Mahasiswa baru akan semakin semangat berkompetisi untuk mendapatkan IPK yang setinggi-tingginya agar dapat diterima di jurusan pilihannya. Selain itu, mahasiswa baru akan lebih mengenal jurusan-jurusan di fakultasnya karena akan mendapatkan setidaknya sebuah matakuliah pengantar yang mengupas jelas tentang apa saja yang akan dipelajari, perkuliahan, dan prospek karir dari masing-masing jurusan di Fakultas/Sekolahnya, sehingga meminimalisir fenomena “salah jurusan” akibat kurang mengenal jurusan yang akan dimasuki. Akan tetapi untuk beberapa kasus akan menyebabkan mahasiswa baru tidak bisa masuk di jurusan pilihannya.

5. Bunga Penyambutan Mahasiswa Baru

Di depan gerbang utama Kampus Ganesha ITB terdapat kumpulan bunga-bunga yang hanya bermekaran pas sewaktu masa penerimaan mahasiswa baru (tiap bulan Juli-Agustus). Seakan-akan bunga-bunga tersebut menyambut dengan suka cita para mahasiswa baru yang akan memulai perjuangannya ditempa di kampus Palu Gada.

Bunga di Gerbang Utama Kampus Ganesha

Bunga di Gerbang Utama Kampus Ganesha

Gambar diambil dari: https://albadrln.wordpress.com/2012/07/16/tujuh-keajaiban-itb/

6. Tiket Wisuda

Seperti wisuda di universitas/institut lain. Setiap wisudawan akan mendapatkan hak 2 tiket bagi pasangan orang tua untuk masuk ke tempat wisuda di Sabuga. Begitu prestisiusnya acara wisuda ITB ini sampai-sampai beberapa wisudawan yang menginginkan tidak hanya orang tuanya saja yang bisa mengikuti prosesi wisuda akan rela membeli tiket dari wisudawan lain yang orang tuanya tidak bisa hadir. Penjualan tiket ini biasanya melalui medsos seperti Facebook atau Twitter bahkan melalui Kaskus. Dan uniknya penjualan tiket tersebut biasa dilelang.

7. Masjid Salman

Masjid kampus ini bernama Masjid Salman. Diambil dari nama Sahabat Nabi yang bernama Salman Al Farisi. Salman Al Farisi adalah seorang sahabat “insinyur” yang mendesain/mempunyai ide membangun parit dalam perang Khandaq. Dimana parit tersebut menyebabkan musuh terjatuh ke dalamnya ketika perang tersebut dimulai. Sehingga jumlah musuh dalam perang berkurang drastis dan kemenangan dapat diperoleh.

Fakta Unik:

  • Merupakan Masjid Kampus pertama (tertua) di Indonesia.
  • Nama “Salman” disematkan ke Masjid ini oleh Ir. Soekarno, Presiden pertama kita yang juga alumni ITB.
  • Masjid ini tidak memiliki kubah dan tidak memiliki tiang.
  • Terdapat teh dan kopi gratis di dekat Masjid untuk para jamaah.
  • Para Jamaah akan menaruh tasnya di depan shaffnya masing-masing ketika sholat.
  • Hampir setiap hari Masjid ini melakukan berbagai kegiatan di luar sholat 5 waktu seperti les Bahasa Arab, seminar, pelatihan, unit-unit (ekstrakurikuler), pengajian Dhuha Sabtu, Ramadan di Kampus, Sekolah Pranikah dll.
Penampakan Luar Masjid Salman

Penampakan Luar Masjid Salman

Penampakan Dalam Masjid Salman

Penampakan Dalam Masjid Salman

Alamat website Masjid ini: http://salmanitb.com/

8. Dona

Ada satu orang gak jelas yang berkeliaran di ITB dan dikenal sama anak-anak ITB. Dia adalah Dona. Perempuan ‘gila’ yang sering tampak di daerah Sunken Court dan sekitar kampus. Sebagai ‘orang gila’ kehadirannya gak pernah mengganggu mahasiswa lain. Dona hanya luntang lantung di sekitar daerah tersebut.

Ada cerita kalau Dona itu dulunya mahasiswi ITB yang kemudian jadi stress dan gila.  Ada yang bilang dia itu mata-mata rektorat.  Bahkan ada juga yang bilang kalau dia intel CIA. Behhhh.

Dona

Dona

Tulisan dan gambar dikutip dari:

http://malesbanget.com/2015/03/10-hal-yang-hanya-anak-itb-yang-ngerti/

9. Titik Gema

Di bagian utara Plaza Widya Nusantara, ada lingkaran yang unik banget. Katanya kalau kamu berdiri di dua titik biru di tengah lingkaran tersebut kamu bisa berteriak dan akan mendapatkan gema dari teriakan kamu. Padahal kamu sedang berada di tempat terbuka.

Titik Gema

Titik Gema

Kerennya, tempat ini emang didesain sedemikian rupa agar mengeluarkan dengung. Keren kan ya.

Tulisan dan gambar dikutip dari:

http://malesbanget.com/2015/03/10-hal-yang-hanya-anak-itb-yang-ngerti/

10. GKU Barat

Di sisi barat kampus Ganesha terdapat bangunan kuliah yang dinamai GKU Barat (Gedung Kuliah Umum). Gedung ini berbentuk segi delapan dengan 3 lantai yang terdiri dari sekitar minimal 24 ruangan dimana di tiap ruangannya berkapasitas 80-100 mahasiswa. Uniknya untuk memasuki ruangan kelas di gedung ini, mahasiswa dan dosen harus mencapainya melalui tangga yang tepat di lantai dasar. Tiap ruangan harus diakses dari tangga yang benar di lantai dasar. Bila kita salah naik tangga di lantai dasar, maka yang terjadi di lantai atas kita harus naik turun tangga lagi untuk mencapai ruangan yang kita tuju. Mahasiswa baru sudah pasti pernah merasakan kesasar atau tersesat ketika akan kuliah TPB di gedung ini.

GKU Barat

GKU Barat

Foto diambil dari: https://ashigaru.wordpress.com/2010/07/27/bandung-trip-mk-ii/

11. Indonesia Tenggelam

Wets, Indonesia bukan tenggelam beneran ya. Di ITB, Indonesia Tenggelam adalah julukan untuk ilustrasi peta Indonesia yang terletak di dasar kolam intel.  Selain punya desain unik, kolam ini juga memuat daftar jurusan yang ada di ITB dan arah lokasinya.

Dikutip dari: http://malesbanget.com/2015/03/10-hal-yang-hanya-anak-itb-yang-ngerti/

Kolam Indonesia Tenggelam

Kolam Indonesia Tenggelam

Foto diambil dari: http://blog.fathah.net/2008/03/uniknya-kampusku_29.html

Beberapa tahun yang lalu, kolam ini biasa dipakai untuk merayakan ulang tahun mahasiswa, yaitu dengan menceburkan mahasiswa yang sedang ulang tahun tersebut ke dalam kolam ini. Sampai akhirnya Pejabat Annex mengeluarkan peraturan dan sanksi untuk mahasiswa yang memanfaatkan kolam ini sebagai tempat “perayaan” ulang tahun. Hingga akhirnya sampai sekarang tidak ada yang berani lagi merayakan ulang tahun di kolam ini.

12. Daftar Unit

Dengan kehidupan mahasiswa yang sangat heterogen, mulai dari beranekanya agama, suku, ras, hobi, ideologi, pemahaman, interest, passion dll dari para mahasiswanya. ITB memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (ekstrakurikuler) yang sangat banyak dan beraneka ragam. Ada sekitar 85 unit. Konon inilah jumlah unit terbanyak se-universitas di Indonesia. Unit-unit tersebut adalah:

  • Rumpun Agama
  1. Keluarga Mahasiswa Islam “GAMAIS” (Islamic Student Society)
  2. Persekutuan Mahasiswa Kristen “PMK” (Christian Student Fellowship)
  3. Keluarga Mahasiswa Katolik “KMK” (Catholic Student Society)
  4. Keluarga Mahasiswa Hindu “KMH” (Hindu Student Society)
  5. Keluarga Mahasiswa Buddha “Dhammanano” (Buddhist Student Society)
  • Rumpun Keilmuan
  1. ShARE ITB
  2. Perkumpulan Studi Ilmu Kemasyarakatan “PSIK” (Societal Study Union)
  3. Majalah Ganesha – Kelompok Studi Sejarah, Ekonomi dan Politik ITB
  4. Kelompok Studi Ekonomi dan Pasar Modal ITB
  5. Institut Sosial Humaniora “Tiang Bendera” ITB
  6. Unit Kajian Islam Ideologis HATI ITB (Harmoni Amal Titian Ilmu)
  • Rumpun Pendidikan
  1. Koperasi Kesejahteraan Mahasiswa “KOKESMA”
  2. Unit Robotika
  3. U-Green ITB
  4. Techno Enterpreneur Club
  5. Student English Forum “SEF”
  6. Resimen Mahasiswa Mahawarman Batalyon I/ITB (Student Regiment Battalion I/ITB)]
  7. Pramuka ITB (Gudep 06005-06006)
  8. Liga Film Mahasiswa “LFM” ITB
  9. Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) ITB
  10. Ganesha Model United Nations Club
  11. Kelompok Studi Visual Budaya Modern (Genshiken ITB)
  12. Amateur Radio Club ITB – ARC ITB
  13. Keluarga Mahasiswa Pencinta Alam Ganesha “KMPA”
  • Rumpun Seni Dan Budaya
  1. ITB Dance and Performance Art Community (INFINITY)
  2. Unit Kebudayaan Aceh (UKA)
  3. Unit Kesenian Sumatera Utara (UKSU)
  4. Unit Kesenian Sulawesi Selatan (UKSS)
  5. Unit Kebudayaan Melayu Riau (UKMR-ITB)
  6. Unit Kesenian Minangkabau (UKM)
  7. Unit Kebudayaan Jepang (UKJ)
  8. Unit Kebudayaan Irian (UKIR) ITB
  9. Unit Kebudayaan Banten DEBUST (DE Banten Union STudent) ITB
  10. Unit Kebudayaan Betawi (UKB) ITB
  11. Unit Budaya Lampung (UBALA)
  12. Studi Teater Mahasiswa (STEMA)
  13. Serumpun Mahasiswa Bangka Belitung
  14. Perkumpulan Seni Tari dan Karawitan Jawa
  15. Paduan Suara Mahasiswa (PSM-ITB)
  16. Mahasiswa Bumi Sriwijaya (MUSI)
  17. Maha Gotra Ganesha (MGG) (unit kesenian Bali)
  18. Marching Band Waditra Ganesha (MBWG)
  19. Lingkung Seni Sunda (LSS)
  20. Lingkar Sastra ITB
  21. Paguyuban Seni Budaya Jawa Timuran – Loedroek ITB
  22. Keluarga Paduan Angklung ITB
  23. Keluarga Mahasiswa Jambi ITB – Siginjai (KMJ ITB)
  24. ITBJazz
  25. ITB Students Orchestra (ISO)
  26. Unit Apresiasi Musik (apres!) ITB
  27. Unit Kebudayaan Tionghoa (UKT)
  28. Unit Kebudayaan Kalimantan (UKK)
  29. Unit Rebana ITB (URI)
  • Rumpun Media
  1. Tabloid Mahasiswa Boulevard
  2. Radio Kampus – ITB community radio
  3. Pers Mahasiswa (Persma) ITB
  4. GaneshaTV (GTV)
  5. 8EH Radio ITB
  • Rumpun Olah Raga dan Kesehatan
  1. Unit Tenis ITB
  2. Unit Ganesha Touchdown (GT)
  3. Unit Renang dan Polo Air (URPA)
  4. Unit Judo ITB
  5. Unit Capoeira Quizumba (UCI) ITB
  6. Unit Bola Voli (UBV)
  7. Unit Bulu Tangkis (UBT) ITB
  8. Unit Basket “GANESHA” (UBG-ITB)
  9. Unit Aktivitas Tenis Meja ITB (UATM ITB)
  10. Tarung Drajat (Boxer)
  11. Unit Taekwondo
  12. Syufu Taeshukan Hent Lanah ITB
  13. Unit Softball
  14. Satuan Kegiatan Olah Raga (SKOR) Hoki ITB
  15. Persatuan Sepak Bola ITB (PS ITB)
  16. Persatuan Catur Mahasiswa ITB
  17. Perisai Diri
  18. Unit Panahan PASOPATI ITB
  19. Unit Selam Nautika ITB
  20. Unit Kendo ITB
  21. Shorinji Kempo ITB
  22. Unit Karate (Bandung Karate Club) cabang ITB
  23. Bela Diri Hikmatul Iman Ranting ITB
  24. Ganesha Bicycler
  25. Unit Aktivitas Bridge (UAB)
  26. Atletik Ganesha (ATLAS)
  27. Aikido

Daftar Unit ini dikutip dengan sedikit perubahan dari: https://id.wikipedia.org/wiki/Institut_Teknologi_Bandung

Demikian Fakta dan Data Unik Seputar ITB. Semoga dapat menjadi salah satu referensi untuk memilih kampus bagi adik-adik SMA/MA atau bagi lulusan S1/S2 yang akan mengambil pendidikan Pascasarjana. Untuk mengenal tiap jurusan, akreditasi, tingkat kesulitan relatif untuk masuk, kelas internasional, dan semua jalur masuk ITB baik tingkat Sarjana maupun Pascasarjana atau Keprofesian silahkan klik disini. Sekian dan Terima Kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini.

Advertisements

3 responses to “Fakta dan Data Unik Seputar ITB

  1. Pingback: PENGALAMAN DAN TIPS TPB DI ITB | onde2 ketan ireng·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s